Keuangan

Start Up Modalku Berbagi Pinjaman Modal Usaha

oleh Wiko Rahardjo
Modalku merupakan financial technology (Fintech) start up Indonesia yang hadir sejak Januari 2016. Start up ini semakin yakin menyalurkan pinjaman modal usaha Online kepada para pelaku UKM setelah mendapat ‘restu’ dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sebagai lembaga keuangan.

Menurut Co-Founder Modalku, Iwan Kurniawan, Modalku menjadi wadah bagi pelaku UKM yang membutuhkan modal tambahan dan para investor yang sedang mencari tempat untuk menginvestasikan sejumlah uangnya.

“Modalku lahir setelah melihat kegelisahaan para pelaku UKM yang kesulitan dalam mendapatkan pinjaman modal usaha melalui lembaga keuangan konvesional, seperti Bank,” ujar Iwan, ketia berbicara di Alpha JWC Conference, akhir Maret 2016 lalu di Jakarta.


Menurutnya, pelaku UKM kesulitan dengan persyaratan tinggi yang diminta perbankan dan proses berbelit yang harus dijalani. Di lain sisi ada beberapa pemilik modal yang terus mencari tempat untuk menyalurkan modalnya.
“Lewat Modalku, diharapkan terjadi kesepakatan saling menguntungkan antara pelaku UKM dan pemilik modal,” ujarnya. “hal ini tentunya akan mendorong pertumbuhan UKM di Indonesia.”

Untuk saat ini, Modalku masih melayani nasabah khusus wilayah Jabodetabek. Proses dan syarat pengajuannya tergolong sangat mudah karena hanya membutuhkan proses 10 hari saja. 

Selain Modalku, start up layanan pinjaman modal usaha juga telah hadir. Misal, Taralite, UangTeman, dan Tunaiku.
Wiko Rahardjo
 
 
 
 

 

Wiko Rahardjo
Femina Indonesia
Share This :

Trending

Related Article