Keuangan

Trik Psikologi dalam Menentukan Harga

oleh Wiko Rahardjo
Lakukan trik psikologi ini untuk membuat orang membeli produk Anda.

Menentukan harga adalah hal yang paling membingungkan bagi sebagian pengusaha. Jika harga diturunkan terlalu rendah, risikonya adalah untung sedikit yang didapat. Jika harga ditawarkan terlalu tinggi, risikonya adalah tak ada pembeli.

Menurut Dan Ariely, pakar perilaku ekonomi, jika Anda kesulitan menjual dua produk berharga mahal, pertimbangkan untuk memberikan pilihan ketiga. Majalah Economist pernah melakukan trik ini pada iklan berlangganan mereka.

Dalam iklan disebutkan beberapa biaya berlangganan: $59 untuk langganan online,  $125 untuk langganan edisi cetak, dan $125 untuk paket berlangganan online dan cetak. Hasilnya bisa ditebak, pembaca lebih banyak yang memilih paket ketiga karena menurut persepsi mereka harga tersebut lebih murah ketimbang dua opsi lainnya. (lihat gambar pertama).

Namun bagaimana jika opsi kedua (paket langganan cetak seharga $125) dihilangkan seperti pada gambar kedua? Hasilnya, pembaca lebih memilih paket berlangganan pertama (paket langganan online senilai $59.


Anda mungkin bertanya, lalu kenapa Economist tetap memasang harga paket berlangganan cetak senilai $125 jika tahu tidak akan ada yang membelinya?

Menurut Dan, melalui iklan tersebut Economist sebenarnya sedang mengarahkan agar pembaca membeli paket langganan ketiga. Mereka sengaja mematok harga paket langganan cetak begitu mahal untuk membuat paket langganan ketiga terlihat lebih murah.

Karena secara psikologi, orang akan memilih harga lebih rendah dan berani membayar lebih mahal jika mereka bisa mendapatkan layanan atau produk yang lebih banyak.

Menarik bukan?
Wiko Rahardjo

 

Wiko Rahardjo
Femina Indonesia
Share This :

Trending

Related Article