Kewirausahaan

Sifat Ibu-Ibu Yang Begini Adalah Kunci Sukses Jadi Pebisnis

oleh Yoseptin Pratiwi


Foto: Pixabay


Jadi seorang ibu otomatis membuat kita bisa melakukan banyak hal secara bersamaan. Karena itu, ketika seorang ibu memutuskan menjadi pebisnis, konon kebiasaan multitasking bisa menjadi asset penting. Inilah 5 alasan sifat ibu-ibu yang bisa menjadi kunci sukses saat terjun menjadi entrepreneur.

1/ Bukan Drama Queen
Saat status berubah menjadi seorang mama, hidup pun berubah karena segala hal bisa terjadi di luar kehendak kita. Contoh gampang, di waktu malam, kita ingin bisa tidur tanpa gangguan, tapi…saat si bayi hobi nangis malam-malam, bisa jadi kita akan jadi kalong, bukan?

Menjadi seorang ibu, kita jadi terbiasa untuk bisa mengatasi segala situasi yang berubah dengan cepat. Menit ini anak-anak tertawa-tawa ceria saat bermain, pada menit berikutnya bisa terbangun dan nangis sejadi-jadinya. Menjadi seorang entrepreneur artinya harus siap untuk menghadapi segala situasi, pahit dan manis. Satu hari peluang bisnis bisa lepas begitu saja, tapi di hari berikutnya tiba-tiba mendapat orderan yang besar.

2/ Tidak Meributkan Hal-Hal Remeh
Saat seorang mama suka mendramatisasi setiap hal yang ia lakukan saat mengurus anak, maka ia akan kehilangan momen penting, yaitu bisa menghabiskan waktu yang berkualitas dengan anak-anak. Karena itu, setiap ibu lebih suka mengurus segala tetek bengek dengan cepat dan tidak berlama-lama.

Seorang entrepreneur yang memiliki kemampuan untuk fokus terhadap ‘gambar besar’ akan memiliki kemungkinan untuk sukses. Karena hal ini akan membuat mereka bisa menyisihkan waktu untuk memikirkan cara mencapai sukses dalam jangka waktu yang panjang.

3/ Waktu Berlari Cepat Saat Kita Happy
Juggling di antara jadwal yang padat mulai dari menyiapkan anak-anak sekolah, membantu belajar, menemani mereka bermain, les, menyiapkan makanan dan masih banyak hal lain, seorang ibu adalah ahli time management.

Keahlian ini juga sangat diperlukan ketika mengelola usaha, agar segala hal bisa efisien.


4/ Ahli Dalam Segala Hal
Seorang ibu memiliki banyak profesi: dokter, perawat, guru, koki, juga supir. Ibu zaman now, juga terbantu dnegana danya youtube untuk belajar sesuatu dengan cepat.


Sebagian besar pebisnis, apalagi skala UKM, juga merangkap berbagai peran di perusahaannya. Hal ini yang membuat seorang ibu yang menjadi pebisnis juga terbias abelajar dengan cepat segala hal yang dibutuhkan untuk mengembangkan bisnisnya.

5/ Tahu benar Cara Berhemat
Soal mengelola keuangan, para ibu adalah jagonya. Dengan anggaran yang mepet pun, ibu akan memeras otak agar bisa memberikan makanan sehat untuk anak, bisa membayar les mereka dan bisa mengajak anak-anak rekreasi.


Sebagian besar bisnis UKM dimulai dengan modal dari uang tabungan. Nah, seorang ibu yang cermat mengurus keuangan keluarga, pasti akan cermat juga dalam mengurus keuangan bisnisnya. Ia tidak akan sembrono dalam melakukan kebijakan-kebijakan yang justru berpotensi membuatnya rugi. (f)

 
Baca Juga:
Selami Karakter Mitra Bisnis

Wanita Cantik Asal Saigon Ini Sukses Lakukan Food Diplomacy Lewat Resto Autentik

 

Yoseptin Pratiwi
Femina Indonesia
Share This :

Trending

Related Article