Kisah Sukses

Generasi Kedua Al's Catering, Allesandra dan Avanda Hanafiah, Beberkan Rahasia Bisnis agar Bisa Bertahan 30 Tahun

oleh Citra Narada Putri

Foto: Dok. Al's Catering


Mereka yang tinggal di kawasan Jabodetabek mungkin sudah mengenal betul dengan brand Al's Catering. Perusahaan ini adalah perusahaan layanan katering yang didirikan oleh Nita Hanafiah sejak tahun 1990. Yang dulunya hanya melayani katering untuk perusahaan dalam skala kecil, kini sudah berekspansi sangat besar hingga bisa melayani katering untuk acara pernikahan ingga 6.000 tamu sekaligus. 

Tak hanya itu, Al's Catering juga kerap melayani permintaan katering untuk acara-acara privat dari sejumlah pemimpin inspirasional. Misalnya seperti Christine Lagarde sampai sejumlah Presiden Republik Indonesia.

Kini, Al's Catering sudah dikelola oleh generasi keduanya. Yang mana kedua putri dari Nita, Allesandra Hanafiah berperan sebagai Creative Director & Pastry Chef Al's Catering dan Avanda Hanafiah menjadi Executive Chef & F&B Director Al's Catering, yang mengurus segala jenis pekerjaan perusahaan yang didirikannya.

Sudah tiga dekade Al's Catering berdiri. Tentunya bukan waktu yang sebentar untuk bisa bertahan selama lebih dari dua dekade. Nilai kekeluargaan yang dibawa sang founder dalam membangun perusahaan ini membuat Al's Catering bisa bertahan selama puluhan tahun. Menurut Allesandra, keterbukaan dan transparansi dengan karyawan menjadikan bisnis catering ini berjalan lama. 

"Kita jadi gampang mengomunikasikan segala sesuatu dengan karyawan, karena kita transparan dan apa adanya saja. Jadi mereka paham, arahnya perusahaan ini mau dibawa kemana atau hal lainnya, mereka lebih paham tujuannya akhir yang ingin kita raih itu apa," jelas Allesandra di sesi virtual talkshow Wanita Wirausaha Femina dan Facebook #SheMeansBusiness bertajuk Bisnis Sambil Berbagi.
 

Foto: Dok. Al's Catering

Hal ini juga diamini oleh Avanda yang mengatakan bahwa ketika karyawan memiliki visi dan misi yang sama, membuat mereka menjadi lebih loyal. Tak heran jika banyak karyawan dari Al's Catering yang sudah bekerja di perusahaan ini hingga 30 tahun lamanya. 

Kendati sudah bertahan sedemikian lamanya, adaptasi dan inovasi mengikuti zaman adalah sebuah keharusan. Seperti yang disampaikan Avanda bahwa salah satu inovasi yang diterapkan di Al's Catering adalah sistem kerja katering rumahan yang dikembangkan menjadi lebih masif seperti katering untuk acara yang lebih besar. Selain itu, inovasi juga dilakukan dari segi branding lebih modern dan sesuai dengan zamannya, sehingga dapat menarik pelanggan baru dan lebih luas.

Inovasi tersebut juga termasuk dalam memanfaatkan platform media sosial untuk memasarkan produk. Al's Catering mengaku bahwa penggunaan platform digital seperti media sosial Facebook dan Instagram banyak membantu memperluas jejaring bisnisnya.

Anda juga dapat membeli produk Al's Catering di Tokopedia(f)

Baca Juga:

Cara 3 Wanita Wirausaha Muda Sukses Jeli Membaca Peluang Bisnis di Tengah Pandemi COVID-19

Menyiapkan Pelaku Usaha Lebih Tangguh Menghadapi Tatanan Baru

Pola Konsumsi Masyarakat Berubah Pasca Pandemi COVID-19, Ini yang Perlu Diperhatikan UMKM

 

 

Citra Narada Putri
Femina Indonesia
Share This :

Trending

Related Article