Kisah Sukses

Martha Puri Natasande, Meningkatkan Penjualan dan Mendekatkan Diri Dengan Pelanggan Lewat Media Sosial

oleh Desiyusman Mendrofa

Foto: Des
 
 
Sejak duduk di bangku sekolah dasar, Martha Puri Natasande pemiliki Ideku Handmade sudah mulai membuat kerajinan tangan. Ia membuat karya sederhana, yaitu hiasan pensil dari buah pinus kering. Pensil berhiaskan buah pinus itu ternyata disukai teman-temannya, bahkan ada yang tertarik untuk membeli.

Kesukaannya membuat pernak-pernik terus berlanjut. Memasuki bangku sekolah menengah atas, ia membuat kalung dari manik-manik dan menjualnya. Ketika ingin memberi kado kepada sahabatnya, ia tidak pernah membeli, tapi ia buat sendiri. Memang cukup merepotkan, tapi ia merasakan ada nilai lebih dibandingkan yang dibeli.

Tahun 2008, sepupunya menyarankan untuk menjual hasil karyanya, seperti bingkai kayu yang ditambahkan pernak-pernik dari kain melalui situs belanja online, Multiply. Ternyata, diminati orang, pesanan datang dari berbagai daerah. Mulai saat itu, ia pun sangat percaya diri bahwa barang-barang ‘aneh’ yang ia buat ternyata diminati orang.

Puri memulai bisnisnya dengan modal perdana Rp500.000. Setelah sukses dengan produk pertama, ia menambah modal menjadi Rp1,5 juta. Sambil bekerja di salah satu stasiun televisi swasta, ia juga menjalankan bisnis pernak-pernik buatan tangannya yang terus berkembang.

Namun, karena tingginya permintaan, tahun 2010 Puri memutuskan berhenti dari pekerjaannya. Di tahun yang sama, selain membuat karya, ia juga aktif menulis di blog. Artikel yang ia tulis merupakan tutorial dari karya-karya yang ia buat. Seiring dengan perkembangan teknologi, sejak tahun 2016 lalu  ia memproduksi video yang kemudian ia masukkan di kanal YouTube bernama Ideku Handmade.

Baca juga:
KISAH SUKSES: KANIA ANNISA ANGGIANI, MENCIPTAKAN RUMAH NYAMAN DENGAN CHIC & DARLING

KISAH SUKSES: WINARTI HANDAYANI DAN KONSISTENSI MEMBESARKAN BISNIS KAMALIKA ARTPRINTS

Selain berisi tentang tutorial pembuatan karya, agar konten lebih menarik dan tidak membosankan, ia juga mengunggah video aktivitasnya. Tentang perjalanan liburan, dan aktivitasnya saat menjadi pembicara pelatihan. “Saya ingin pelanggan atau viewer dapat merasakan kedekatan dengan saya, walau hanya lewat video,” ujarnya.

Untuk membuat konten video, ia memiliki tim sendiri, mulai dari konseptor, videografer, hingga editor. “Saya ingin tetap fokus berkarya, sekaligus menjalankan roda bisnis. Soal produksi video, saya serahkan kepada ahlinya,” katanya.

Puri mengungkapkan, ia memproduksi video karena lebih efisien. Sebab, ada sebagian proses pembuatan karya, misalnya melipat kertas, yang tidak bisa diungkapkan lewat tulisan atau kata-kata, tapi dengan video. Viewer dapat melihat caranya secara visual. Apalagi, sebagian orang Indonesia lebih menyukai audio dan visual, dibandingkan dengan membaca.

“Dari video mereka bisa mengetahui karya atau produk terbaru yang saya buat,” ujar Puri. Video juga menjadi sarana untuk brand awareness yang otomatis akan meningkatkan penjualan.

Ia pun sama sekali tidak takut ide karyanya dicuri orang. Sebab,  awal memulai Ideku Handmade, salah satu motivasinya adalah untuk berbagi. Apalagi kala itu sebagian besar ia mendapat inspirasi dari karya orang lain yang ia temukan lewat internet. “Walau ditiru pun, tentunya sebagai pemilik ide, hasil buatan tangan saya sendiri pasti jauh lebih berkualitas,” katanya.

Bagi Puri, media sosial seperti Instagram, Facebook, dan YouTube sangat penting. Ia pun tidak terlalu mengharapkan follower, subscriber, atau viewers yang banyak. “Saya juga tidak peduli apakah orang suka atau tidak. Tapi, saya berusaha menampilkan yang terbaik sesuai dengan kemampuan saya,” tuturnya.

Dengan memberdayakan tujuh orang karyawan, kini Puri banyak memproduksi karya dalam jumlah besar, terutama suvenir pernikahan. Ia juga kerap memberdayakan ibu-ibu rumah tangga di sekitar rumahnya untuk membantu menjahit, membuat pola, atau mewarnai kain. (f)

Baca juga:
CARA COCA COLA MENDAPATKAN JUTAAN FOLLOWER DI INSTAGRAM?
12 KIAT MAKSIMALKAN KANAL MEDIA SOSIAL UNTUK PROMOSI BISNIS

 

 

Desiyusman Mendrofa
Femina Indonesia
Share This :

Trending

Related Article