Kisah Sukses

Strategi Herlina Dewi Menjalankan Bisnis Penerbitan Stiletto Book dan Home Decor Bertema Buku

oleh Desiyusman Mendrofa

Foto: Dok. Stiletto Book


Tahun 2011 lalu merupakan awal bagi Herlina P. Dewi (37) mulai merintis bisnis di bidang penerbitan bernama Stiletto Book setelah ia memutuskan memilih resign dari perusahaan tempatnya bekerja di Yogyakarta.
 
Wanita yang akrab dipanggil Dewi ini sebenarnya tidak memiliki niat untuk berbisnis. Ia justru memilih resign agar lebih fokus mengurus keluarga dan menjalani program kehamilan.
 
Tapi minatnya dalam hal menulis yang akhirnya dibukukan membuatnya berani untuk mendirikan dan mengelola penerbitan secara independen. Buku-buku yang ia tulis umumnya terkaitan dengan pengelolaan keuangan yang memang bidang ditekuninya.
 
Seiring berjalannya waktu, semakin banyak penulis yang meminta karya mereka untuk diterbitkan oleh Stiletto Book. Buku terbitan semakin bertambah. Dengan mengikuti perkembangan teknologi komunikasi dan infomasi, penulis buku Cerdas Mengelola Keuangan Pribadi (2015) ini pun memasarkan buku-buku terbitan Stilleto Book secara online, mulai dari aplikasi chatting, forum online, media sosial hingga membuka toko online di marketplace, seperti Tokopedia.  
 
Sayangnya, bisnis penerbitan buku tidak berjalan mulus. Empat tahun berjalan, Dewi mulai merasakan bahwa bisnis mulai merosot. Padahal, kebutuhan Dewi dan suami yang sudah dikarunai satu anak semakin banyak.     
 
Untuk menyiasati kondisi tersebut, Dewi memutar otak. Pada tahun 2015 ia melakukan terobosan dengan  ekspansi bisnis ke produk dekorasi rumah bertemakan buku dengan brand. Bermodalkan Rp 1 juta, ia mulai membuat sarung bantal sofa bertuliskan Keep Calm & Read Books.
 
Produknya ternyata disambut baik oleh pasar. Permintaan semakin banyak berdatangan. “Konsumen tertarik, bahkan meminta saya untuk membuat desain lain juga, tidak hanya buku, seperti karpet bertuliskan Home Sweet Home atau hiasan dinding bermotif bunga-bunga saja mereka minati,” ucap Dewi.


Baca Juga:
Kenal Lebih Dekat Pemenang Femina Award #Inacraft2018 Kategori Home Decor

Keuntungan Bisnis Menurun Jangan Panik, Lakukan Saja Tiga Hal Ini
 
Wanita yang sebelumnya berprosesi sebagai accounting memang memiliki hobi mendesain, menjahit, hingga merajut ini kemudian melakukan banyak eksplorasi dari sisi ragam produk maupun desain.
 
Stilleto Book yang awalnya menerbitkan dan menjual buku saja, kini menjelma menjadi bisnis yang menawarkan puluhan jenis produk dekorasi rumah dengan ribuan desain menarik.
 
Dewi mengatakan, dalam menjalankan bisnis tersebut, ia memberdayakan 35 warga yang merupakan para tetangganya. “Semua yang membantu saya di sini, mulai dari penjahit, tukang kayu, desainer, admin dan sebagainya, adalah tetangga-tetangga di sekitar rumah kami. Saya ingin memberdayakan yang terdekat terlebih dahulu,” ujar wanita kelahiran Wonosobo, Jawa Tengah ini.
 
Meskipun telah merasakan manisnya berbisnis home decor, namun Dewi tetap menjalankan bisnis penerbitan bukunya. “Untuk buku tetap jalan seperti biasa, karena saya ingin tetap bisa bantu orang lain dengan bacaan,” ucap Dewi.
 
Omzet Stiletto dari kedua bisnis mencapai Rp 300 juta per bulan. Bahkan bisa lebih besar pada momen-momen tertentu, seperti Ramadhan atau menjelang hari raya.
 
Agar bisnis ini berjalan dengan baik, selain memasarkan produknya secara online,  Dewi juga telah membuka toko offline sejak 2015 di Maguwoharjo, Yogyakarta. Di tempat ini juga tersedia ruang workshop khusus bagi para pengrajin untuk melakukan proses produksi, hingga kantor yang layak bagi para editor buku maupun desainer produk dekorasi rumah.
 
Menempatkan dua bidang bisnis di tempat yang sama merupakan salah satu strategi Dewi untuk mengelola bisnisnya dengan baik. “Saya lebih fleksibel. Saya bisa menjalankan bisnis dan juga mengurus keluarga dan anak,” katanya. (f)  

Baca Juga:
Pentingnya Merespons Cepat Saat Bisnis Dilanda Masalah

Tingkatkan Nilai Ekonomi Pengrajin, Bank BCA Gunakan Tenun Ikat untuk Seragam Perusahaan

Bingung Mencari Nama Yang Tepat Untuk Bisnis Anda? Coba Cara Ini
 

 

Desiyusman Mendrofa
Femina Indonesia
Share This :

Trending

Related Article