Marketing & Services

Ingin Blog Bisnis Anda Terkenal dengan Cepat, Lakukan 7 Langkah Ini!

oleh Faunda Liswijayanti

Dok: Pixabay

Ingin posting-an blog atau website bisnis Anda menjangkau audiens yang lebih besar? Maka Anda harus memiliki strategi yang tepat. Blog atau website bisa menjadi ‘tenaga’ pemasaran, asalkan Anda tahu bagaimana memaksimalkannya. Namun, sebelum itu pastikan dulu Anda telah memiliki konten yang bagus, judul yang menarik, serta pemilihan kata yang tepat. Jika semua itu sudah Anda miliki, saatnya menjalankan 10 langkah berikut ini agar blog atau website Anda kebanjiran pengunjung.
 
1/ Mulai dengan loyal customer
Jangan remehkan orang-orang terdekat, keluaga atau teman bisa menjadi perpanjangan dari blog atau web usaha Anda. Mereka inilah yang akan dengan senang hati membagi informasi dari blog atau website Anda dengan orang lain di jaringannya.
 
2/ Ikut Facebook Groups
Facebook Groups umumnya bersifat sangat niche dan topiknya terbatas. Misal kebugaran, masak, travel, teknologi, industri, fashion, dan lainnya. Temukan grup yang sesuai dengan produk Anda. Grup yang memungkinkan Anda untuk mengunggah link Anda, pada akhirnya akan membuka akses bagi orang lain untuk mengenal blog atau web produk milik Anda. Yang perlu diperhatikan adalah setiap grup memiliki aturannya masing-masing, ketahui dan taati aturan yang berlaku di grup tersebut.  
 
3/ Gunakan Pinterest Sebagai Search Engine
Saat ini Pinterest adalah media yang tepat untuk menyebarkan sebuah blog atau website asalkan Anda memiliki konten yang sesuai. Media sosial umumnya menjadi tempat bagi seseorang untuk berinteraksi dengan orang lain. Berbeda dengan Pinterest yang menjadi tempat seseorang untuk berbagi informasi, sama halnya seperti Google menyebarkan informasi. Ini artinya, ketika mengunggah sesuatu di Pinterest, pastikan Anda menggunakan keywords yang tepat.
 
4/ Bergabung dengan Grup di Pinterest
Setelah mengetahui bagaimana mengunggah materi di Pinterest, Anda juga perlu mengikuti PinGroupie. Ini adalah database untuk mengetahui Pinterest boards yang sedang popular. Umumnya Pinterest group boards memiliki banyak sekali followers. Bergabung dengan sebuah grup Pinterest tidak mudah, Anda mungkin saja harus menghubungi pemilik grup. Cara lainnya adalah mempromosikan pin blog Anda di Pinterest Tribes. Di sini Anda dapat berbagi Pin dengan orang lain. 

Baca Juga:
Yuk, Bikin Iklan Kreatif dengan Instagram Stories
Manfaatkan Instagram untuk Bisnis Anda
Cara Instagram Membantu Anda Membangun Brand

5/ Bermain dengan Hashtags Instagram
Saat ini, Instagram jadi salah satu media sosial yang paling diminati. Dengan konten menarik dan hashtags yang tepat, Anda bsia membuat sesuatu yang viral. Hashtag memang menjadi hal yang penting dalam pencarian di Instagram. Satu postingan di Instagram, setidaknya dapat menampung 30 hashtags untuk mendiskripsikan postingan tersebut. Gunakan hashtags untuk menargetkan audience. Temukan hashtags yang powerful dengan melihat hashtags apa saja yang banyak digunakan para influencer.

6/ Buat jadwal untuk posting di sosial media
Membuat jadwal posting media sosial akan menghemat waktu. Dengan demikian, anda bisa melakukan hal lain yang lebih bermanfaat. Untuk menjadwalkan postingan di Facebook, Twitter atau LinkedIn, gunakan aplikasi Buffer. Sedangkan untuk Pinterest dan Instagram gunakan Tailwind. Kedua aplikasi ini bisa diunduh gratis.
 
7/ Bangun networking dengan blogger lain
Networking yang luas di lingkungan sekitar, akan membantu Anda mempromosikan website atau blog. Perluas networking dengan cara berteman dengan para bloggers lainnya. Anda bisa membangun kerjasama, misalnya dengans aling menampilkan link. Ini sudah umum dilakukan para blogger di luar sama. Ini yang dinamakan dengan backlink. Semakin banyak backlink, maka semakin besar kemungkinan postingan Anda dilihat orang lain dan muncul dalam mesin pencarian. (f)

 

Faunda Liswijayanti
-
Share This :

Trending

Related Article