Marketing & Services

Andalkan Facebook Untuk Pemasaran Produk

oleh Desiyusman Mendrofa

Foto: Dok. Femina

Media sosial seperti Facebook dan Instagram telah turut berperan mengembangkan usaha kecil dan menengah. Bahkan banyak wanita wirausaha bermunculan dengan menggunakan media sosial untuk memulai dan mengembangkan bisnis mereka.

Berdasarkan hasil studi Facebook bersama YouGov pada tahun 2016 lalu menunjukkan bahwa 9 dari 10 wanita di Indonesia ingin memulai bisnisnya sendiri. Jika para wanita ini berhasil memulai dan mengembangkan bisnisnya, maka terdapat potensi bertumbuhnya 3,8 juta bisnis dan 13,2 juta lapangan pekerjaan baru yang akan berkontribusi pada pembangunan ekonomi Indonesia di tahun 2021.


 
Untuk turut serta mewujudkan potensi tersebut dan melihat pentingnya Facebook dan Instagram untuk bisnis, maka Femina lewat program Wanita Wirausaha Femina bekerjasama dengan Facebook #SheMeansBusiness menggelar workshop masterclass: Luaskan Pasar Lokal dan Global dengan Menguasai Pemasaran Digital di 5 kota di Indonesia. Kelima kota itu adalah Medan, Bandung, Kupang, Gorontalo, dan Palembang.

Medan menjadi kota pertama untuk menggelar workshop sehari ini yang digelar di Four Points by Sheraton Hotel pada Kamis, 22 Agustus 2019, kemarin diikuti oleh sekitar 120 wanita wirausaha dengan beragam jenis usaha.

Topik-topik yang dibahas dimulai dari pemasaran online, optimalisasi Halaman Bisnis Facebook, konten kreatif, hingga Instagram untuk Bisnis, yang disampaikan oleh pelatih-pelatih dari Facebook di Indonesia.

Petty S Fatimah, Editorial Director Prana Group, Editor In Chief Femina mengatakan bahwa melalui program pelatihan bersama Facebook ini, ingin memahirkan skill penggunaan media sosial ini dan marketing digital secara umum untuk bisnis.

“Dengan media sosial seperti Facebook dan Instagram, produk  bisa dikenal secara meluas hingga ke luar negeri dengan cara efektif dan efisien,” ujar Petty dalam acara Worskhop Masterclass Femina x Facebook di Medan.

Program Femina dan Facebook ini didukung oleh Kementerian Perdagangan Republik Indonesia dalam hal ini adalah Direktorat Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional yang memberikan insight dan informasi mengenai tata cara ekspor, termasuk pasar-pasar baru non tradisional yang bisa menjadi tujuan ekspor nasional.
 

Sarita Sutedja, founder Warunk Upnormal juga berbagi cerita pengalaman membesarkan usaha kulinernya, yang dimulai dari ide sederhana membuat inovasi topping dari racikan mie instan menjadi comfort food orang Indonesia. Kini usaha mereka sudah merambah pada kopi Gayo yang kini sudah diekspor.
“Sasaran pasar kami merupakan anak milienial pengguna aktif media sosial, maka kami harus aktif dan menghadirkan konten yang menarik di media sosial kami,” katanya.

Sementara itu, Ruben Hattari, Kepala Kebijakan Publik untuk Facebook di Indonesia mengatakan bahwa di Facebook, pihkanya percaya bahwa saat perempuan berhasil, kita semua menang.
 
“Tujuan kami jelas, yaitu mendorong potensi para perempuan untuk berwirausaha dan menciptakan lapangan kerja, meningkatkan perekonomian dan menumbuhkan komunitas wirausaha yang lebih beragam. #SheMeansBusiness adalah sebuah inisiatif yang digagas oleh Facebook untuk menginspirasi, mendukung, melatih, dan merayakan para perempuan wirausaha di seluruh dunia, termasuk di Indonesia. Melalui kerjasama yang dibangun antara #SheMeansBusiness dan Femina, kami berharap dapat memberikan pengetahuan, jaringan, keterampilan serta teknologi yang dibutuhkan oleh para perempuan wirausaha untuk memulai dan mengembangkan bisnis mereka,” tutur Ruben.
 
Worskhop Masterclass Femina x Facebook di Medan ini terlaksana dengan baik berkat dukungan dari media partner, Harian Umum Waspada, Waspada Online, dan Cerita Medan. (f)

Baca Juga: 

5 HAL PENTING DALAM MEMANFAATKAN FACEBOOK UNTUK BISNIS

CARA MENGATASI DAMPAK PERUBAHAN NEWS FEED FACEBOOK PADA DUNIA USAHA



 

 

Desiyusman Mendrofa
Femina Indonesia
Share This :

Trending

Related Article