Marketing & Services

Cara Mengatasi Dampak Perubahan News Feed Facebook Pada Dunia Usaha

oleh Desiyusman Mendrofa

Foto: Pixabay

CEO Facebook, Mark Zuckerberg, baru-baru ini sudah mengumumkan perubahan besar-besaran pada News Feed di Facebook. Ia mengatakan, News Feed di Facebook bakal lebih memfasilitasi interaksi antarpengguna ketimbang unggahan bisnis, tautan berita, dan lain-lain.
 
Mark beralasan bahwa perubahan itu ditujukan untuk membantu orang-orang agar interaksi mereka lebih bermakna dengan kerabatnya. Algoritma Facebook akan mengabaikan konten dari media, merek dan bisnis dan menampilkan lebih banyak pembaruan dari teman dan keluarga pengguna.

Kebijakan ini tentu baik, tapi di sisi lain akan menjadi kabar buruk bagi pemilik bisnis yang mengandalkan Facebook sebagai media dalam aktivitas marketing digital. Lalu lintas dan keterlibatan pada halaman bisnis di Facebook mungkin akan menurun. Dampak ini tidak hanya berlaku pada perusahaan besar saja, tapi juga bagi perusahaan menengah, bahkan usaha kecil.
 
Namun, tidak perlu khawatir, berikut adalah langkah-langkah yang bisa Anda ambil untuk mengatasi hal itu.  
 
1/ Hadirkan Konten yang Menarik  
Lalu lintas atau keterlibatan pengguna Facebook di halaman usaha Anda di Facebook, sangat tergantung pada jenis konten yang dibagikan. Jika kontennya berkualitas dan dianggap bermanfaat, pengguna mungkin akan ‘like’ atau mengomentari yang secara algoritma akan muncul di beranda keluarga atau kerabat pengguna.
 
2/ Gunakan Jasa Brand Ambassador
Jika perusahaan Anda tergolong menengah ke atas atau memang memiliki anggaran khusus, tidak ada salahnya untuk menunjuk brand ambassador. Duta yang juga disebut sebagai duta media sosial inilah yang nantinya akan meminta pengikutnya membagikan atau mengomentari konten yang Anda posting. Hal ini sangat membantu mempromosikan konten Anda kepada teman serta keluarga mereka.
 
3/ Ubah Cara Pandang
Bila selama ini media sosial Anda jadikan media sosial hanya untuk promosi dan jualan. Mulailah ubah perspektif Anda. Jadikan media sosial sebagai tempat untuk membangun komunitas, serta melayani keluhan pelanggan.
 
4/ Anggap Sebagai Tantangan untuk Lebih Kreatif
Kebijakan yang baru diterapkan Facebook memang banyak yang menganggapnya sebagai sebuah masalah yang besar. Namun, sebaiknya anggaplah ini sebagai peluang untuk lebih kreatif. Sebab tantangan baru selalu hadir silih berganti, maka harus diimbangi dengan kreativitas yang baik. Hadirkan konten terbaik dan terus melakukan evaluasi strategi. Dengan demikian, pergeseran ini sangat mungkin akan menguntungkan Anda dan bisnis Anda. (f)
 

 

Desiyusman Mendrofa
Femina Indonesia
Share This :

Trending

Related Article