Marketing & Services

Jangkau Calon Pelanggan Lebih Luas, Pasang Iklan di Media Sosial

oleh Desiyusman Mendrofa

Foto: Shutterstock


Di tengah pandemi COVID-19 ini, selain gaya hidup yang berubah, cara menjual dan membeli produk ikut berubah. Bila sebelum sistemnya online dan offline hampir seimbang, kini semuanya lebih mengandalkan sistem online.
 
Untuk itu, sangat perlu menjangkau calon pelanggan yang bisa dilakukan secara online lewat media sosial. Sebab banyak calon pelanggan yang mungkin selama ini belum masuk dalam radar kita. Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk memasarkan produk dan memperluas jangkauan adalah membuat pesan bersponsor (iklan) lewat Facebook Ads.
 
Di Indonesia, pengguna Facebook sekitar 120 juta. Berdasarkan data Hootsuite 2020 ini, Facebook merupakan media sosial urutan ketiga paling sering digunakan di Indonesia setelah YouTube dan WhatsApp.
 
Maka sangat tepat bila pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) menginvestasi budget marketing untuk memasang iklan lewat Facebook Ads. Berikut keuntungan bila Anda memasang iklan lewat Facebook Ads.
 
1/ Dapat memilih audience sesuai target pasar
Jika Anda menjual produk yang spesifik, misalnya pakaian untuk jenis kelamin dan usia tertentu maka di Facebook Ads, Anda dapat memilih audience iklan yang dipasang sesuai dengan target pasar. Anda juga bisa memilih berdasarkan minat dan lokasi serta seberapa luas radius yang ingin dijangkau.
 
2/ Dilengkapi Insight
Dalam menjalankan bisnis, data merupakan salah satu hal penting. Data bisa digunakan untuk banyak hal salah satunya sebagai pedoman dalam membuat strategi marketing. Di Facebook Ads, Anda bisa mengetahui Insight (wawasan) terkait iklan yang dipasang. Berbagai data pun dihadirkan untuk Anda, mulai dari impresi, audience reach (jumlah total orang yang melihat) iklan, hingga berapa yang tertarik atau klik iklan. Dari Insight ini, Anda bisa menganalisis seberapa efektif iklan yang dipasang.
 
3/ Berbiaya murah
Memasang iklan lewat Facebook Ads jauh lebih murah dan efektif dibandingkan dengan cara konvensional seperti mencetak brosur, spanduk, banner atau memasang iklan di baliho. Dengan anggaran Rp50 ribu saja, Anda bisa menjangkau ribuan orang. Anda bisa mengatur jumlah budget per hari sesuai durasi yang diinginkan untuk setiap iklan yang dipasang.   
 
4/ Bebas memilih format materi iklan 
Salah satu keunggulan memasang iklan di Facebook Ads adalah pengguna dapat menggunakan foto, slideshow, video, atau carousel (terdiri dari dua atau lebih foto atau video) sebagai materi iklan. Fleksibilitas ini memudahkan Anda untuk mencoba beragam format.
 
5/ Iklan bisa berjalan di dua akun media sosial berbeda
Jika akun Instagram bisnis Anda sudah terhubung dengan Facebook Page, maka ketika memasang iklan di Facebook Ads, Anda bisa memilih menjalankan di Facebook saja atau juga sekaligus di Instagram.
 
Untuk diketahui, memasang iklan di Facebook Ads hanya bisa dilakukan pada Facebook Page. Facebook Page atau dulu dikenal Facebook Fanspage merupakan sebuah layanan yang dihadirkan oleh Facebook untuk tujuan bisnis atau komersial. (f)


Baca Juga:

Maksimalkan Penjualan Online Selama Masa COVID19 untuk Lancarkan Bisnis

Linda Anggrea, Pendiri Buttonscarves Andalkan Facebook untuk Memperluas Pasar

‘Creative Marketing’ Bantu Dongkrak Penjualan Menjelang Lebaran di Masa COVID19

 

Desiyusman Mendrofa
Femina Indonesia
Share This :

Trending

Related Article