Marketing & Services

Membuat Konten Menarik Untuk Promosi di Media Sosial

oleh Reynette Fausto
Foto: Dok. Pixabay

Umumnya usaha skala kecil menengah tidak memiliki anggaran cukup besar untuk biaya promosi.
 
Menurut survei yang dilakukan Small Business Administration (SBA) tahun lalu, hampir separuh dari bisnis skala kecil di Amerika hanya mampu menginvestasikan bujet sebesar 3% untuk aktivitas promosi dan marketing. Sedangkan untuk yang skala mikro lebih sedikit lagi, yaitu kurang dari 3% dari total pendapatan yang mereka hasilkan.
 
Sementara SBA, agensi pemerintah yang mendorong pertumbuhan UMKM di Amerika, menyarankan bujet promosi dan marketing itu idealnya sebesar 8% dari total pendapatan dari penjualan.
 
Terima kasih untuk kehadiran sosial media di era ini yang membuat pengusaha kecil mampu melakukan aktivitas promosi dengan bujet rendah dan bahkan gratis. Namun, agar efektif, tentunya dibutuhkan taktik khusus. Sebab battle di dunia nyata dan online itu berbeda.
 
Derek Cromwell, penulis lepas bidang marketing di Shutterstock mengingatkan bahwa para pembaca itu sangat haus akan informasi. Saat calon pembeli browsing sana sini, mereka sebetulnya sedang mencari informasi yang bisa menjawab pertanyaan ataupun menyelesaikan masalah mereka.
 
Nah, ketika tanpa sengaja mereka membaca sesuatu yang menarik, yang relevan dengan apa yang sedang mereka butuhkan atau cari, mereka secara otomatis akan memerhatikan dan mengingat brand itu dalam ingatan mereka,” kata Derek.
 
Itu sebabnya, Derek menyarankan agar pebisnis membuat, menemukan, dan mengkurasi konten-konten yang relevan terhadap minat profil buyer Anda.
 
Ini panduan bagaimana Anda seharusnya membuat konten untuk meningkatkan visbilitas pencarian dan memperlebar engagement di media sosial.
  • Gunakan data dan susun bagan infografik yang berisi informasi-informasi terkait produk Anda. Bagikan di media sosial Anda!
  • Buat panduan perbandingan produk yang bisa membantu pelanggan untuk memilih dalam keputusan pembelian.
  • Coba buat blog dan juga video tutorial seputar produk. Jangan lupa taruh link-nya di media sosial.
  • Gunakan teknik skyscrapper yang mengombinasikan informasi utama dengan tulisan dalam postingan media sosial Anda.
  • Bagikan konten-konten yang menyentuh perasaan pembaca. Ingatlah 85% keputusan pembelian didasari emosi. Itu sebabnya sentuh emosi pembaca dengan konten-konten yang menarik.

 

Reynette Fausto
-
Share This :

Trending

Related Article