Marketing & Services

Menjadi Salah Satu yang Paling Terdampak Pandemi COVID-19, Ini Cara Industri Perhotelan Beradaptasi

oleh Citra Narada Putri


Dok. Pexels



Pandemi COVID-19 memberikan dampak yang sangat besar bagi perekonomian negeri. Banyak bisnis yang harus mengencangkan ikat pinggang atau bahkan gulung tikar karena bisnis yang tidak berjalan seperti biasanya, 

Pun, dari hampir semua industri yang terpukul di tengah kondisi ini, salah satu yang terdampak adalah industri perhotelan. Menurut laporan Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) menghitung bahwa potensi pendapatan yang hilang mencapai puluhan triliun rupiah selama Januari-April 2020 akibat Covid-19.

Menghadapi kondisi tidak mengenakkan ini, tentu semua lini bisnis di berbagai industri melakukan berbagai cara agar bisa beradaptasi dengan keadaan. Tak terkecuali industri perhotelan yang menjadi salah satu industri dengan dampak yang terasa sangat signifikan. Mereka harus cepat dalam mengambil keputusan demi keberlangsungan bisnis perhotelan itu sendiri.

"Kami sudah mempersiapkan kemungkinan-kemungkinan ini dari pertama kali kita tahu ada confirmed kasus COVID-19 di Cina. Kami sudah berlatih selama 2 bulan apa yang akan terjadi dan apa yang akan kita lakukan," papar Rumman Amanda, Director of Public Relations and Communication, Four Season Hotel Jakarta, dalam acara Femina Live : Work After COVID-19 di Facebook Femina Media.

Jika pada beberapa hotel di Jakarta ada yang memilih opsi menutup layanan penginapan, Four Season Hotel Jakarta masih tetap bertahan membuka layanannya tersebut. Kendati demikian memang, ada beberapa area yang harus dibatasi untuk bisa diakses dan digunakan oleh tamu hotel. 

Mengikuti peraturan pemerintah, restoran-restoran yang ada di Four Season Hotel Jakarta harus ditutup. Pihak hotel hanya menawarkan kamar dan layanan-layanan yang dapat disediakan di kamar. 

"However, yang kita lakukan sekarang adalah mengampanyekan layanan Four Season at Home. Jadi bagaimana caranya kita memberikan service-service Four Season pada tamu-tamu kita di rumah. Salah satunya seperti program delivery," tambah Rumman.

Program delivery ini tak hanya menawarkan pesan antar makanan bintang lima khas hotel ke rumah, Four Season juga bisa mengantarkan produk-produk dari spa dan skincare-nya.

"Apa yang kita lakukan dari program ini adalah mengedukasi para tamu mengadakan media sosial, sesi untuk konsultasi. Buat video series tentang bagaimana merawat kulit di rumah," tutur Rumman yang mengaku lebih banyak memberikan layanan yang bisa dinikmati para tamu langsung di rumahnya, di tengah pandemi COVID-19 ini. 

Rumman pun mengatakan bahwa penting untuk bisnis bergerak cepat menghadapi krisis. Salah satunya melakukan ragam inovasi dan adaptasi agar bisa bertahan di tengah kondisi yang sangat menantang ini. 



BACA JUGA : 
INI CARA MENGEMBALIKAN GAIRAH BISNIS SETELAH PANDEMI COVID19 BERAKHIR
6 KEUNTUNGAN MENGGUNAKAN FACEBOOK PAGE UNTUK BISNIS ANDA
UMKM DAPAT KERINGANAN KREDIT, INI SYARATNYA



 

 

Citra Narada Putri
Femina Indonesia
Share This :

Trending

Related Article