Marketing & Services

Menunggangi Trending Politik, Promosi Markobar Ala Gibran Putra Jokowi

oleh Yoseptin Pratiwi

Foto: Instagram/chillipari


Menjadi anak presiden, tentu sorot mata publik ikut mengarah kepada Gibran Rakabuming Raka, putra pertama Presiden Joko Widodo. Meski sejak awal ayahnya terpilih menjadi orang pertama negara ini Gibran sudah memberi batas tegas hubungan professional antara dirinya dengan ayahnya, karena ia adalah seorang pebisnis kuliner lewat Chilli Pari Catering. Perusahaan yang bermarkas di Solo ini juga memiliki jajanan martabak dengan nama Markobar.
 
Meski batas sudah digariskan, namun tetap saja sulit untuk melepaskan Gibran dari ayahnya, terutama di saat-saat kontestasi politik pemilihan presiden mulai memanas. Seperti diketahui, pada Minggu (1/7/2018) pagi, tepat di gerai Markobar di Jalan Dr Moewardi Solo digelar deklarasi gerakan 2019 Ganti Presiden.
 
Saat itu, deklarasi diwarnai oleh orasi aktivis 2019 Ganti Presiden, penyanyi dan bintang film lawas Neno Warisman. Berita dan video orasi Neno pun merebak di sosial media dan memunculkan berbagai tanggapan dari netizen.
 
Tak ketinggalan dengan trending, akun @markobar1996 pun berkicau:
 
"Hai orasinya merdu sekali! Terima kasih sudah antri untuk menikmati kelezatan Martabak Manis kesukaan kita semua. Ditunggu ordernya lagi ya, mari sebar kebaikan untuk sesama #eatsharehappiness with Markobar."
 
Apa yang dilakukan Markobar pun menuai pujian dari banyak pihak. Bagaimana si anak presiden tetap ‘dingin’ dan justru menjadikan demo tersebut sebagai sarana promosi.
 
Riding the wave ala Gibran pun kembali dilakukan ketika sedang heboh ‘Jendral Kardus’ di perpolitikan tanah air ketika Andi Arief, elit Partai Demokrat mencuit soal keretakan rencana koalisi antara Partai Demokrat dan Gerindra untuk mengusung pasangan wapres dan cawapres pada Rabu (8/8/2018) malam.
 
Dalam cuitannya, Andi mengatakan bahwa keretakan itu disebabkan oleh uang. Dan menjuluki Prabowo Subianto sebagai jendral kardus.
 
Heboh 'jenderal kardus' di sosial media malam itu pun dimanfaatkan dengan manis oleh Gibran. Ia langsung mencuit:
 
"Oya, karena ini para politikus lagi pada ngomongin "kardus". Rencananya @markobar1996 akan mengeluarkan design kardus baru yg ada board game nya dan bisa dimainkan 4 orang," tulis Chilli Pari Catering di Twitter, Rabu (8/8/2018).
 
Tak lupa, akun Chilli Pari Catering juga mengunggap video bentuk kardus baru mereka. Lagi-lagi, apa yang dilakukan Gibran membuat sorot publik mengarah pada brand-nya. Dari dua cara Gibran memanfaatkan trending, dengan kecerdikan, seorang pebisnis memang bisa mengubah situasi apapun menjadi hal yang bisa menguntungkannya.

Baca Juga:
Baca Ini Sebelum Menggunakan Trending Topic Untuk Brand Anda
Perlu Tahu 7 Hal Tentang Sosial Media Ini Agar Tidak Ketinggalan Zaman

 

Yoseptin Pratiwi
Femina Indonesia
Share This :

Trending

Related Article