Marketing & Services

Pukau Calon Konsumen dengan Instagram Stories yang Seru

oleh Citra Narada Putri


Dok. Instagram


Di jaman sekarang, semua wirausaha memanfaatkan media sosial sebagai media promosi masif. Salah satunya adalah Instagram yang kini dimanfaatkan oleh setengah penggunanya untuk memasarkan produk jualan mereka. Setidaknya, setiap bulannya ada 2 juta pengiklan di Instagram.

Berdasarkan sebuah survei yang dilakukan oleh Instagram ditemukan bahwa 52 persen penggunanya mengaku lebih tertarik terhadap sebuah merek atau bisnis setelah melihat konten mereka di Instagram Stories.

Fitur berusia 1 tahun dari Instagram ini ternyata banyak diminati oleh ratusan juta pengguna Instagam, bukan hanya untuk membagikan kegiatan sehari-hari, tapi juga menceritakan proses dibalik bisnis yang dilakukan oleh para wirausaha. Bahkan, berdasarkan temuan Instagram dikemukakan bahwa ? dari konten Instagram Stories terpopuler berasal dari akun bisnis.

Semakin banyaknya orang memanfaatkan Instagram, khususnya fitur Instagram Stories sebagai media promosi bisnis, Paul Webster, Product Marketing Manager Instagram Asia Pacific berbagi cara unik menjalin hubungan dengan calon konsumen melalui tren video vertikal singkat di Instagram Stories.


1/ Kreasikan Konten Kreatif secara Vertikal

Instagram Stories dikonsumsi 32 persen lebih cepat dibandingkan Feed, namun Stories dapat dengan mudah menarik perhatian audiens karena formatnya yang vertikal dan memenuhi layar. Jika Anda sudah memiliki aset kreatif dalam format horizontal, Instagram sekarang memiliki fitur yang secara otomatis dapat mengubah iklan menjadi format layar penuh untuk bisa ditayangkan di Stories. Anda tinggal mengunggah aset kreatif ke laman Pengelola Iklan dan aset siap ditayangkan dalam format Stories.

2/ Memaksimalkan Fitur Asli Stories

Salah satu andalan dalam Stories adalah fitur seperti stiker, filter, superzoom, polling hingga gif yang identik dengan kalangan millenial. Fitur ini bukan hanya fitur penambah, tapi juga bisa berperan penting untuk memastikan para wirausaha membuat konten yang dipahami oleh kalangan milenial. Anda harus memerhatikan bagaimana visual dan narasi Anda dilihat oleh audiens saat mereka sedang menjelajahi Stories.

3/ Curi Perhatian Di 3 Detik Pertama

Yang menjadi salah satu ciri khas Stories adalah durasi yang sangat singkat hingga 15 detik. Karena durasi singkat tersebut, Anda harus bisa membuat konten yang dapat membuat audiens bersedia bertahan lebih lama menyaksikan konten tanpa harus melewatkannya. Anda perlu meng-highlight brand atau produk Anda di tiga detik pertama karena Stories dikonsumsi dengan cepat. Studi Instagram juga menunjukkan kalau memunculkan brand dan produk di konten Anda akan menghasilkan respon yang lebih kuat, membuat audiens cepat mengerti dan meningkatkan relevansi, brand fit dan niat membeli yang lebih tinggi.

 4/ Konten Berorientasi Visual

Tren konten efemeral adalah sesuatu yang baru, dan terkadang ditakuti oleh para pebisnis. Pertanyaan yang banyak ditanyakan adalah ‘Bagaimana saya bisa menyampaikan cerita brand hanya dalam waktu 5-10 detik?’.

 Sebelum menjawab hal tersebut, Anda harus pikirkan dulu apa tujuan dari pembuatan kontennya. Apakah untuk meningkatkan brand awareness, mendorong kunjungan ke situs atau mengajak audiens untuk mengunduh aplikasi? Anda harus merealisasikannya dalam bentuk narasi yang cepat dan menarik secara visual. Selain itu perlu diingat, bahwa 60 persen orang menonton Stories dengan suara dinyalakan. Jadi buatlah konten dengan diperkaya suara atau musik yang menarik.  

5/ Tampilkan Cerita dengan Format Carousel

Selain format iklan foto berdurasi lima detik dan video berdurasi 15 detik, kini Instagram memiliki format iklan baru bernama carousel, yang memungkinkan Anda menampilkan tiga konten secara beruturan dalam satu iklan. Untuk konten yang lebih kompleks, gabungan beberapa chapter ini terbukti menghasilkan kampanye iklan yang lebih efektif. Carousel juga memungkinkan Anda untuk menggabungkan format foto dan video dalam satu konten.

Instagram Stories memberi Anda fleksibilitas dan ruang untuk memaksimalkan kreativitas, namun pastikan Anda melakukannya dengan cara serupa yang dilakukan oleh pengguna. (f)

Baca Juga :

MEMBUAT KONTEN MENARIK UNTUK PROMOSI DI MEDIA SOSIAL
5 FOTO GRATIS UNTUK PROMOSI BISNIS ANDA
5 MENIT BELAJAR PEMASARAN DIGITAL DAN KETERAMPILAN BISNIS DI APLIKASI PRIMER GOOGLE

 

Citra Narada Putri
Femina Indonesia
Share This :

Trending

Related Article