News

Coffee Area di Pekan Raya Indonesia Hadir untuk Pecinta Kopi Tanah Air

oleh Faunda Liswijayanti

Dok: Pekan Raya Indonesia

Pekan Raya Indonesia (PRI), pagelaran ragam produk karya bangsa tahunan yang menjadi bagian dari Indonesia International Graha (IIG), akan kembali digelar tahun ini mulai 27 September hingga 7 Oktober di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD, Tangerang.
 
Kabar gembira bagi Anda pebisnis dan pecinta kopi, karena PRI 2018 menghadirkan  kegiatan baru kolaborasi dengan Asosiasi Eksportir dan Industri Kopi Indonesia (AEKI), bernama Coffee Area.
 
“Indonesia merupakan salah satu negara produsen kopi terbesar di dunia. Negara kita memiliki potensi yang begitu besar namun juga tantangan bisnis yang tidak kalah pentingnya untuk kita pahami dan antisipasi bersama. Berkolaborasi dengan AEKI, ini merupakan pertama kalinya Pekan Raya Indonesia menghadirkan sebuah wadah bagi para pebisnis biji kopi tanah air,” ungkap Ryan Adrian, Presiden Direktur PT Indonesia International Expo.
 
Inisiatif ini bertujuan untuk dapat mengembangkan industri kopi lokal Indonesia dengan memperkenalkan lebih banyak ragam kopi kepada ratusan ribu pengunjung Pekan Raya Indonesia 2018. Coffee Area akan menghadirkan 30 exhibitor kopi yang tergabung dalam AEKI. Para pengunjung dan penikmat kopi dapat mencoba beragam kopi nusantara. Selain itu, acara ini juga bisa menjadi ajang bagi para pelaku usaha di industri kopi nusantara untuk dapat mengembangkan bisnis dan menginspirasi lebih banyak penikmat kopi untuk memulai bisnisnya.
 
Berdasarkan Indonesia Investment yang dikeluarkan November tahun lalu, Indonesia menempati posisi lima besar sebagai negara produsen kopi terbesar di dunia pada musim tanam 2016-2017. Ini artinya, negara kita memiliki potensi komoditi kopi yang sangat bernilai sejalan dengan produksi kopi domestik Indonesia yang meningkat hingga 5 persen per tahunnya berdasarkan penelitian dari Center for Coffee and Cacao Research.
 
Namun Indonesia juga menghadapi tantangan untuk dapat terus berkembang menjadi eksportir kopi. Mulai dari pengembangan kualitas tanaman untuk menghadapi pemanasan global, memperluas persebaran area produksi hingga menciptakan teknologi berkelanjutan untuk penanaman kopi.
 
“AEKI memiliki visi untuk dapat mempersatukan para pengusaha di industri kopi untuk dapat bersama-sama tumbuh dan mengembangkan potensi dari komoditas ini. Kehadiran kami di Pekan Raya Indonesia 2018 merupakan komitmen AEKI untuk dapat merangkul berbagai lapisan masyarakat untuk mengetahui lebih banyak mengenai industri kopi tanah air,” jelas Mulyanto, pengurus AEKI.
 
Jadi, jika Anda adalah pecinta kopi sekaligus ingin atau telah memiliki bisnis kopi, ajang pameran ini akan menambah wawasan serta jejaring kepada pengusaha kopi lainnya di tanah air. Masukan dalam agenda Anda! (f)

Baca Juga:
7 KEDAI KOPI KEKINIAN FAVORIT DI INSTAGRAM, INSPIRASI BISNIS ANDA!
JADI AHLI KOPI DI INDONESIA COFFEE ACADEMY
RESEP SUKSES PEMILIK TUKU: SEHARI MAMPU MENJUAL RIBUAN GELAS ES KOPI SUSU






 

 

Faunda Liswijayanti
-
Share This :

Trending

Related Article