News

Dicari! Wanita Wirausaha dari Indonesia Timur

oleh Desiyusman Mendrofa

Foto: Dok. EO


Dalam berbisnis tidak sedikit orang yang telah berhasil membangun dan mengembangkan usahanya hingga mapan ke titik tertentu. Tanpa disadari yang kerap terjadi ketika sudah berada di titik tertentu tetap terus ada keinginan berkembang lagi. Namun, seakan ada glass ceiling tidak terlihat yang membatasi para wanita baik dari segi kemampuan atau kondisi yang dihadapinya.
 
Oleh karena itu, Entrepreneurs’ Organization (EO) menyelenggarakan Entrepreneurs Organization Womenpreneur Award (EOWA) 2020. Dimana nantinya para pemenang dibantu oleh EO dengan memberikan ilmu baru dari para pakarnya (Subject Matter Expert), berbagi pengalaman dari para pelaku bisnis ternama, dan kesempatan membuka network global. Tujuannya tak lain agar para wanita pengusaha mendapat perspective yang dibutuhkan untuk membawa perusahaannya lebih berkembang lagi.
 
Caroline Gondokusumo, President of Entrepreneurs’ Organization Indonesia East mengatakan bahwa EO Womenpreneurs Award (EOWA) ini juga merupakan bentuk dukungan EO terhadap pemberdayaan wanita dalam kesetaraan gender (gender equality) sesuai dalam Sustainable Development Goals ke-5 yang merupakan program dari United Nations.
 
“Penghargaan kali ini difokuskan pada  kawasan Timur Indonesia, yang juga mencerminkan dukungan dan komitmen pemerintah dalam membangun dan memberikan kesempatan kepada Indonesia Timur,” ungkap Caroline dalam konferensi pers Entrepreneurs Organization Womenpreneur Award (EOWA) 2020 di Jakarta beberapa waktu lalu.
 
Caroline menambahkan, lewat program ini akan mengidentifikasi dan memberikan banyak kesempatan bagi wirausahawan perempuan berpotensi tinggi untuk belajar dari pada ahli, rekan sejawat, pelatih atau pembimbing tentang masalah pribadi, bisnis atau keluarga tentang kehidupan wirausaha.
 
Gati  Wibawaningsih, Dirjen Industri Kecil, Menengah dan Aneka Kementerian Perindustrian RI dalam kesempatan yang sama mengatakan bahwa program ini sejalan dengan arah pembangunan Indonesia yang terus ingin lebih memajukan dan mengembangkan bisnis wilayah Indonesia Timur.
 
“Sudah saatnya para wirausaha perempuan unjuk gigi untuk dapat lebih banyak mendapatkan kesempatan dalam kancah industri yang lebih besar, tidak hanya mencakup di Indonesia tetapi juga ke manca negara. Saya berharap ajang ini diikuti banyak peserta, karena menjadi bagian penting bagi kemajuan bisnis mereka sekaligus  mengembangkan wilayah,” kata Gati.  
 
EOWA) 2020 terbagi dalam beberapa kategori award yaitu:

Small Medium Business Program
a/ Kategori ini memiliki minimum pendapatan Rp 5 miliar per tahun dalam 1 tahun terakhir
b/ Peserta adalah orang Indonesia atau berkewarganegaraan Indonesia yang tinggal di Indonesia bagian Timur
c/ Memiliki kualitas yang baik dalam mengembangkan dan menumbuhkan bisnisnya
 
Under 35 Program
a/ Minimum pendapatan Rp 15 miliar per tahun dalam 1 tahun terakhir
b/ Peserta adalah orang Indonesia atau berkewarganegaraan Indonesia yang tinggal di Indonesia bagian Timur.
c/ Memiliki kualitas yang baik dalam mengembangkan dan menumbuhkan bisnisnya
 
Enterprise Program
a/ Minimum pendapatan Rp 50 miliar  per tahun dalam 2 tahun berturut-turut
b/ Bisnis yang dimiliki harus sudah terdaftar di Indonesia
c/ Peserta adalah orang Indonesia atau berkewarganegaraan Indonesia yang tinggal di Indonesia bagian Timur
d/ Memiliki kualitas yang baik dalam mengembangkan dan menumbuhkan bisnisnya
 
Dan dapatkan kesempatan untuk join 2 EO Learning event, ulasan profil dan bisnis Anda di beberapa media massa. Mentorship dari para pebisnis berpengalaman, dan kesempatan menghadiri acara global Women of EO Summit di Bali tahun 2020. Pendaftaran EOWA 2020 sudah akan berlangsung hingga 30 Desember 2019  (www.eowomenpreneur.com) dan pengumuman pemenang akan dilakukan Maret 2020. (f)

Baca Juga:

Spa Paling Menguntungkan, Bisnis Kencantikan Terus Berkembang di Era Digital

Menguasai Pemasaran Digital Salah Satu Kunci Mengembangkan Pasar Produk




 

 

Desiyusman Mendrofa
Femina Indonesia
Share This :

Trending

Related Article