News

Resep Kulit Sehat Walau Tambah Usia

oleh Wanita Wirausaha Femina

Foto: Dok. NORA

Memiliki kulit yang sehat merupakan idaman setiap wanita. Sementara kulit yang mengalami penuaan alias aging jadi momok yang sebisa mungkin dihindari, terutama bagi wanita berusia di atas 30 tahun. Walau dirayakan dengan pesta dan tawa, bertambahnya usia dianggap ancaman bagi keindahan dan kesehatan kulit oleh kebanyakan orang.
 
Lewat mini talks yang berlangsung di area festival Indonesian Women’s Forum 2019 pada 21 November 2019 bersama everEssentia, dr. Kardiana Purnama Dewi, Sp.KK, membantah perspektif ini. Menurutnya kulit sehat bisa dimiliki semua usia, bukan hanya wanita muda tetapi wanita lanjut usia.
 
“Tidak dapat dibohongi proses aging akan mengubah baik itu tekstur kulit, wajah, dan penampilan. Apabila Anda tidak ingin berubah maka Anda harus melakukan sesuatu,” ujarnya. 
 
Ia menjabarkan masalah-masalah yang mulai muncul saat memasuki tahap penuaan, mulai dari kulit kering, flek hitam, garis halus atau kerutan, hingga warna kulit yang tidak merata yang dapat berakhir dengan kulit kusam.
 
Selain bertambahnya usia, udara yang dingin dan kering, cuaca panas dan lembap, kurangnya gizi, terlalu sering mengkonsumsi makanan tidak sehat, faktor genetik dan hormon, terlalu sering tersengat sinar matahari serta stres adalah penyebab utama timbulnya permasalahan pada kulit tadi.
 
Penuaan memang tidak bisa kita lawan sepenuhnya, tapi kita bisa melakukan beberapa hal sebagai usaha mencegah atau memperlambat munculnya masalah pada kulit dan menjaganya tetap sehat.
 
Seperti kebanyakan dokter, gaya hidup sehat sehari-hari seperti mengkonsumsi buah, olah raga, minum air putih, dan bebas dari stres adalah kunci yang dr. Karina sarankan untuk mendapatkan kulit yang glowing. 
 
"Mengapa stres dapat memiliki andil yang cukup penting terhadap permasalahan pada kulit?"  
 
“Secara umum stres memperburuk segala sirkulasi dalam tubuh kita, banyak pula penelitian mengenai stres yang dapat melemahkan daya tahan tubuh, yang menjadi faktor utama timbulnya penyakit. Di samping itu, stres juga menyebabkan aliran oksigen kurang lancar sehingga menyebabkan wajah terlihat kusam, ” ujar dr. Kardiana menjawab pertanyaan dari seorang peserta. 
 
Disamping memiliki pola hidup yang sehat, memilih suplemen yang tepat juga sangat penting untuk memelihara kesehatan kulit dari dalam. Suplemen yang tepat juga dapat membantu mencegah penuaan dini. Mengandung beragam kadungan yang baik untuk kulit seperti kolagen, marine protein, multivitamin A,C, E, mineral dan antioksidan, EverEssentia dapat membantu untuk meremajakan sel kulit dan memelihara kesehatan kulit agar tetap lemabap dan kenyal. 

Didominasi oleh wanita di atas 30 tahun, mini talks ini berlangsung interaktif. Audiensi juga aktif bertanya dan membagikan kisah mengenai permasalahan kulit mereka. Dari cerita audiensi disimpulkan setiap usia memiliki masalah masing-masing.

Seperti dibagikan Astrid seorang mahasiswi Politeknik Jakarta. Ia putus asa dengan masalah kulit sensitifnya terhadap sabun cuci muka. Ia pun harus berulang kali mencoba pembersih kulit wajah hingga akhirnya menemukan yang pas dan membuat kulitnya nyaman.
 
Ya, wanita berusia muda juga memiliki permasalahan yang tidak kalah rumit. (f)
 
Debbyani Nurinda
 
Editor: Nuri Fajriati

Baca Juga

Dicari! Wanita Wirausaha dari Indonesia Timur

5 Tantangan Bisnis Tas Kulit Lokal dalam Mengejar Pasar Internasional



 

 

Tim Wanwir
Femina Indonesia
Share This :

Trending

Related Article