News

Terios Berhasil Menjadi Design of The Year di ajang Good Design Indonesia 2018

oleh Yoseptin Pratiwi

Dirjen PEN Arlinda didampingi Direktur PPE Ari Satria (kanan) dan Ketua Juri Dino Fabriant
dalam acara penganugerahan Good Design Indonesia 2018
Foto: Yos

Mobil Daihatsu Terios terpilih sebagai GDI of The Year pada ajang lomba Good Design Indonesia (GDI) 2018 yang diumumkan pada Rabu, 18 Juli 2018 di Jakarta. Terios, bersama 6 produk lain yang mendapatkan predikat GDI Best akan diikutkan ke ajang G-Mark, yang merupakan kompetisi desain internasional di Jepang pada Oktober mendatang.
 
Tahun ini merupakan penyelengaraan GDI yang kedua. Diselenggarakan oleh Kementrian Perdagangan (Kemendag) bekerjasama dengan Japan Institute of Design Promotion (JDP) dalam proses pembuatan sistem penjuriannya, termasuk mengirimkan satu juri dalam jajaran 9 dewan juri.
 
“Ajang DGI ini sebagai salah upaya untuk mendorong ekspor non migas melalui produk-produk yang berstandar internasional, memiliki desain terbaru dan mengikuti trend dan pasar,” ujar Arlinda, Direktur Jendral Pengembangan Ekspor Nasional Kementrian Perdagangan.
 
Kriteria lain adalah sejalan dengan kriteria yang ditetapkan oleh G-Mark di Jepang karena ketujuh pemenang GDI akan berlomba di sana. “Dan pemenang diharapkan bisa mendorong perkembangan desain di Indonesia karena desainer produk yang boleh didaftarkan harus orang Indonesia dan produk tersebut juga bisa ditemukan di Indonesia,” tambah ketua dewan juri Dino Fabriant yang merupakan Ketua Umum Aliansi Desainer Produk Industri Indonesia.
 
Bersama Terios yang merupakan mobil keluaran PT Astra Daihatsu,keenam peraih GDI Best yaitu Dashdot (PT Mujur Kurnia Ampuh), Panjai Rope Lounge Chair (PT Kriya Selaras Internasional), News Mozaic Handwoven Wallcovering (PT Retota Retail Indonesia), Arang Gambar (Lagi-Lagi), Jengki (Santai Furniture) dan Kalung Arkan Kulit Kerang (Lombok-NTB Pearls by Riana Meilia). selain itu juga terpilih 19 desain berbagai produk yang menyabet gelar GDI 2018.

Semua pemenang akan ditampilkan dalam Trade Expo Indonesia (TEI) yang ke-33 di ICE Serpong pada 24-28 Oktober 2018.
 
Tahun ini, lomba Good Design Indonesia diikuti 253 pendaftar. “Tahun depan, kami berharap kian banyak pendaftar agar semakin besar kemungkinan ditemukan desain-desain terbaik dari Indonesia yang bisa bersaing secara global,” imbuh Ari Satria, Direktur Pengembangan Produk Ekspor Kemendag. Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai ajang ini bisa dilihat di www.id-designmark.org. (f)
 
 Baca Juga:
Sedang Mendesain Kemasan Produk? Penuhi 5 Syarat Ini!

Ini Kata Co-Founder Dagadu Jogja tentang Membuat Desain Kemasan yang Menarik


 
 
 
 
 
 
 
 

 

Yoseptin Pratiwi
Femina Indonesia
Share This :

Trending

Related Article