SDM

Lebih Konsentrasi Kerja Saat Puasa, Ini Triknya!

oleh Wanita Wirausaha Femina

Dok: @rawpixel / Unsplash.com

Ngaku, deh, pikiran kita sering melayang ke mana-mana saat menjalankan bisnis. Belum lagi gangguan dari luar yang seolah tidak ada habisnya. Perut kosong dan rasa haus, membuat kita malah terus membayangkan menu berbuka puasa. Anda harus pintar-pintar cari cara supaya pikiran tetap fokus dan target pekerjaan terpenuhi.
 
1/ Patuh jadwal
Buatlah daftar tugas-tugas yang perlu diselesaikan saat itu. Supaya tidak pontang-panting, tentukan pekerjaan yang mesti dikerjakan lebih dulu. Setelah selesai, baru beralih ke tugas berikutnya—satu per satu saja. Biar makin efisien, tetapkan target waktu yang diperlukan untuk menyelesaikan setiap tugas. Misalnya, untuk mengerjakan satu laporan harus selesai dalam waktu 1-2 jam. Dengan begitu, kita masih punya waktu untuk mengerjakan yang lain.
 
2/ Bersih dan rapi
Gimana mau fokus kalau setiap mau mengerjakan laporan, terlihat message yang harus dibalas? Atau tumpukan file yang harus dibaca? Meja kerja yang berantakan memang berpotensi mengganggu konsentrasi kerja. Karena itu, rapikan meja kerja dan sisihkan dari benda-benda yang tidak ada hubungan dengan pekerjaan. Atur volume ponsel supaya tidak terlalu keras atau pilih nada getar saja.
 
3/ Jaga mata
Gangguan yang merusak konsentrasi bisa datang dari lingkungan kerja. Entah itu e-mail yang baru masuk, melihat video YouTube terbaru atau sekadar ajakan ngobrol. Sst…hal-hal personal bisa dikerjakan pas makan siang atau pulang kantor. Coba, deh, bekerja sambil mendengarkan musik menggunakan earphone. Suara musik bisa meredam suara dari luar sehingga perhatian kita pun cuma untuk pekerjaan.
 
4/ Selingan otak
Kerjaan bakal selalu menumpuk dan harus cepat beres, tapi otak juga perlu istirahat, dan lima menit cukup, kok! Saat mulai kehilangan konsentrasi, tinggalkan meja kerja dan berjalan ke luar untuk menyegarkan pikiran. Mendengarkan musik atau berdiskusi dijamin bikin otak siap bekerja kembali. Siapa tahu justru muncul ide baru untuk bisnis Anda. (f)
 
Baca Juga:
KRISIS, SAAT TEPAT MEMULAI BISNIS
12 LANGKAH MEMBANGUN BISNIS
DILEMA TETAP KERJA KANTORAN ATAU FOKUS BERBISNIS SAJA?
 

 

Tim Wanwir
Femina Indonesia
Share This :

Trending

Related Article