Kewirausahaan

Tools Untuk Merangkul Dunia

oleh Wanita Wirausaha Femina
Blusukan Mark Zuckerberg bersama Presiden Jokowi ke Pasar Tanah Abang beberapa waktu lalu seolah jadi penanda bahwa era internet sudah merasuk ke seluruh lapisan bisnis, dari industri besar hingga pemilik toko di pasar. Internet memang mampu membuat perusahaan raksasa, menengah, dan kecil memiliki kesempatan yang sama luasnya untuk mendapatkan konsumen, namun bukan berarti tanpa persaingan. Anda bisa memanfaatkan segala kemungkinan dan kemudahan yang ditawarkan dunia online untuk membangun dan memantapkan UKM Anda.

Maksimalkan Tools
Untuk bersaing dengan pemilik modal besar, pemilik usaha kecil dan menengah dituntut lebih kreatif menciptakan inovasi, baik dari produk maupun strategi marketing. Ini ditegaskan Ghislain Le Chatelier, Director of SMB Operations Google, Southeast Asia and Greater China. Selalu ada celah yang dapat dimanfaatkan oleh Anda.

Hal itulah yang dirasakan Diajeng Lestari (25), pemilik HijUp.com.  Ia melihat celah untuk membuka toko online khusus bagi pengguna hijab beberapa tahun lalu. Untuk memenangkan persaingan dan menaikkan pengunjung lamannya, ia memanfaatkan YouTube. Ia sadar, apa yang ditampilkan dalam video sangat penting, karena itu ia menggarap videonya secara serius dan profesional. Strategi yang tepat, karena banyak orang menyukai dan penasaran mengikuti tutorial mengenakan berbagai variasi hijab, bahkan viewer videonya bukan hanya dari Indonesia.

Menurut Nenden Alifa, Marketing & Public Relations HijUp.com, penonton kanal YouTube mereka 30% berada di luar Indonesia, seperti Malaysia, Dubai, dan Maroko. Tayangan video tutorial itu terbukti mampu menaikkan kunjungan ke website mereka sekitar 20%. Seiring dengan itu, tingkat penjualan pun ikut terdongkrak. ”Kini, pelanggan kami sudah mencakup seluruh Indonesia, Singapura, Malaysia, Australia, bahkan Eropa,” ujar Nenden.
Dalam kurun waktu tiga tahun, HijUp telah berkembang, kini timnya telah mencapai 25 orang. Langkah mereka kini telah diikuti banyak UKM lain, sehingga untuk mempertahankannya, mereka harus terus menggali kreativitas.

”Sebuah keuntungan, internet menawarkan banyak tools untuk membantu pemilik UKM,” ujar Ghislain kepada femina, dalam acara ... di Singapura beberapa waktu lalu. Biaya yang perlu dikeluarkan untuk menggunakan tools itu pun tidak mahal, bahkan bisa gratis.
Sekarang tinggal bagaimana Anda memanfaatkannya secara maksimal.

Selain YouTube untuk meningkatkan brand image, ia memberi contoh web analytic seperti Google Analytics yang juga penting dimanfaatkan oleh UKM. Tools ini perlu bagi Anda yang tak yakin atau ingin tahu sejauh apa usaha marketing yang Anda lakukan menarik pengunjung. Anda tak ingin kan kerja keras Anda sia-sia atau salah sasaran?
Cara menggunakannya mudah. Pertama, Anda tentu perlu akun Google, setelah itu Anda tinggal memasukkan data situs Anda, URL, kategori UKM Anda, serta zona waktu pelaporan yang Anda inginkan. Masukkan data juga jika Anda pelanggan iklan Adwords. Beberapa jam kemudian Anda sudah bisa mendapatkan data, dan Anda bisa mulai mempelajari pengunjung situs Anda.

Anda juga bisa memberikan data dan akun Google Analytics ini kepada pakar pemasaran kepercayaan Anda atau meminta Google untuk memberi kiat untuk mengoptimalkan situs Anda. Google Analytics tidak hanya memungkinkan Anda mengukur penjualan dan konversi, tetapi juga memberikan wawasan baru mengenai cara pengunjung menggunakan situs, tiba di situs, dan cara Anda membuat mereka tetap datang kembali.

Layaknya seorang analis andal, tools ini akan memberi Anda informasi, bagian mana dari situs Anda yang paling menarik perhatian dan dikunjungi orang. Web Analytics dapat membantu Anda menganalisis apa saja yang orang  lakukan di situs Anda. Anda juga akan mendapat laporan dan perhitungan seberapa besar iklan yang Anda pasang memberi pengaruh pada kunjungan, revenue, penjualan, dan melacak pengunjung. Informasi ini dapat membantu Anda membuat halaman-halaman situs yang lebih tertarget dan efektif untuk meningkatkan penjualan Anda. Google Analytics tersedia gratis.
   
Ingin mengembangkan bisnis dengan memperluas wilayah pemasaran? Lakukan riset dahulu dengan mengakses situs Global Market Finder. Tools ini akan membantu Anda menemukan konsumen potensial di seluruh dunia, juga peluang yang ada di  tiap wilayah, serta membaca peta persaingan di area yang akan Anda bidik.    
  
Caranya tidak terlalu rumit, cukup masukkan data lokasi UKM Anda, daerah yang ingin Anda pelajari potensinya, kata kunci, dan tunggu beberapa saat, Anda akan mendapat info gratis singkat tentang peluang dan persaingan di daerah yang Anda bidik. (f)

 

Tim Wanwir
Femina Indonesia
Share This :

Trending

Related Article